Analisa Usaha Telur Gulung

Jualan telur gulung
Jualan telur gulung

Jualan Telur Gulung

Analisa usaha telur gulung. Usaha telur gulung saat ini memang bisa di bilang bisnis yang sedang tren dan memiliki banyak penggemar.

Kuliner telur gulung saat ini sudah memiliki berbagai jenis rasa unik sehingga enak dinikmati. Sekarang sudah banyak pelaku usaha telur gulung mulai berinovasi untuk menciptakan kuliner telur gulung dengan rasa yang beraneka macam.

Sekarang saat ingin menikmati kuliner telur gulung mudah mencarinya. Tidak seperti zaman dulu, pedagang telur gulung biasanya hanya bisa di temui di dekat sekolah dasar (sd).

Sekarang pedagang telur gulung bisa di bilang sudah menjamur, hampir di setiap sudut jalanan pedagang telur gulung bisa di temukan. Hal ini karena modal usaha telur gulung tidak besar.

Bagi juragan yang berminat mengetahui analisa usaha telur gulung berikut pembahasan nya.

Apa itu usaha telur gulung?

Telur gulung adalah kuliner yang di buat dari bahan kocokan telur kemudian di goreng menggunakan minyak dan di gulung menggunakan tusukan. Usaha telur gulung termasuk contoh usaha UMKM yang sering di jalankan oleh banyak orang.

Sebenarnya telur gulung terbilang kuliner yang simpel mudah di buat, tetapi kuliner telur gulung tidak hanya di jual oleh pedagang kaki lima. Sekarang kuliner telur gulung sudah banyak tersedia di usaha-usaha modern seperti cafe untuk di jadikan hidangan cemilan.

Modal usaha telur gulung terbilang kecil. Hanya menggunakan modal dibawah 1 juta, juragan sudah bisa membuka usaha telur gulung. Usaha telur gulung walaupun menggunakan modal usahanya kecil tetapi bisa mendapat untung besar.

Apalagi jika juragan berjualan telur gulung di tempat strategis seperti dekat sekolahan, dekat kampus, dekat perkantoran atau di pusat keramaian tentu sangat muda untuk mendapat untung besar.

Dalam menjalankan usaha telur gulung juragan harus pintar-pintar memanfaatkan modal usaha yang ada seefektif mungkin untuk mendapatkan untung yang lebih besar.

Supaya usaha telur gulung bisa berjalan lancar juragan harus mempersiapkan segala sesuatu secara detail supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Beberapa persiapan ketika ingin menjalankan usaha telur gulung untuk meminimalisir kesalahan.

Baca Selengkapnya : Analisa Bisnis Salad Buah Lengkap dengan Perhitungan Modal Usaha

Persiapan usaha telur gulung

Saat ingin jualan telur gulung pertama kali yang perlu di persiapkan tentunya alat dan bahan. Juragan memerlukan peralatan saat pertama kali membuka usaha telur gulung untuk membantu dalam pembuatannya. Sedangkan bahan digunakan untuk membuat telur gulung.

Untuk memenuhi kebutuhan diatas tentu juragan membutuhkan modal usaha untuk membelinya. Untuk mengurangi biaya modal juragan bisa menggunakan peralatan dapur yang ada di rumah. Sedangkan bahan baku juragan harus tetap membelinya.

Beberapa contoh kebutuhan yang diperlukan saat ingin membuka usaha telur gulung.

1. Gerobak telur gulung

Juragan membutuhkan gerobak yang digunakan untuk tempat pembuatan telur gulung. Juragan bisa membeli gerobak telur gulung baru atau gerobak telur gulung bekas yang masih layak untuk di gunakan.

Ketika juragan membeli gerobak telur gulung bekas tentu harganya akan lebih murah, dan bisa mengurangi biaya modal usaha.

2. Tempat usaha telur gulung

Tempat usaha telur gulung sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan. Usahakan mencari tempat yang strategis untuk menjalankan usaha telur gulung.

Juragan bisa melakukan survei terlebih dahulu dimana tempat yang sekiranya ramai dan cocok untuk membuka usaha telur gulung.

3. Target pasar usaha telur gulung

Tentukan target pasar usaha telur gulung terlebih dahulu sebelum membuka usahanya. Juragan harus tau jika kuliner telur gulung disukai oleh siapa saja baru bisa menentukan target pasar nya.

Jika juragan menargetkan anak-anak tentu bagusnya membuka usaha telur gulung di sekitar tempat sekolah dasar.

3. Menentukan supplier

Memilih supplier bahan baku pembuatan telur gulung sangat penting saat ingin membuka usaha. Juragan bisa memilih supplier yang jujur, dan bisa memberikan harga murah.

4. Peralatan usaha telur gulung

Untuk peralatan pembuatan telur gulung sebenarnya juragan bisa menggunakan peralatan dapur yang sudah ada. Jika belum ada, juragan bisa membelinya sesuai kebutuhan. Saat membuka usaha telur gulung tidak harus semua menggunakan alat baru, manfaatkan peralatan yang sudah ada untuk menghemat modal usaha.

Modal usaha telur gulung

Saat pertama kali ingin menjalankan usaha tentu harus memperhitungkan modal usaha yang akan di gunakan. Catat semua kebutuhan usaha dari membeli peralatan, sewa tempat, biaya karyawan jika tidak dikerjakan sendiri dan biaya pembelian bahan untuk membuat telur gulung.

Saat menjalankan usaha jangan pernah mencampur keuangan modal usaha dengan uang pribadi. Hal ini untuk menghindari salah perhitungan saat menentukan keuntungan usaha.

Semua pengeluaran keuangan usaha juga harus di catat rapi supaya tidak ada gap.

Baca Selengkapnya : Analisa Usaha Jualan Dimsum

Keuntungan usaha telur gulung

Keuntungan usaha telur gulung bisa di hitung ketika sudah melakukan penjualan. Semakin banyak telur gulung terjual maka keuntungan akan semakin banyak.

Bisa kita ambil contoh untuk membuat telur gulung 100 tusuk membutuhkan modal rp40.000,00. Sedangkan juragan menjual telur gulung per tusuk rp1.000,00 maka total penjualan mendapatkan uang rp100.000,00.

Jadi keuntungan menjual telur gulung 100 tusuk adalah rp100.000,00 di kurangi modal membuat telur gulung rp40.000,00 keuntungan yang di dapat sebesar rp60.000,00.

Sehingga, ketika juragan menjual telur gulung 100 tusuk mendapat keuntungan rp60.000,00. Juragan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar jika penjualan telur gulung lebih banyak. Intinya semakin banyak telur gulung yang terjual makan keuntungan akan semakin banyak dan sebaliknya.

Strategi pemasaran telur gulung

Saat menjalankan bisnis tentu memiliki harapan bisnisnya bisa bertahan lama dan banyak pembeli. Untuk mewujudkan semua itu juragan bisa menerapkan strategi pemasaran telur gulung sebagai berikut.

1. Bersikap ramah

Saat berbisnis usahakan juragan selalu bersikap ramah kepada konsumen, hal ini berlaku untuk semua bisnis. Saat juragan selalu bersikap ramah tentu pelanggan akan merasa nyaman dan di hormati. Sehingga pelanggan selalu setia membeli produk yang juragan jual.

2. Siap menerima kritikan

Juragan harus siap dan tetap bersikap ramah kepada pembeli yang memberikan kritikan kepada usaha juragan.

Kritikan pelanggan bisa dijadikan motivasi untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya.

Biasanya kritikan pelanggan akan terdengar ukuran enak, akan tetapi itu merupakan kekurangan yang perlu di perbaiki terhadap usaha telur gulung yang juragan jalankan.

3. Tambahkan variasi menu

Terkadang usaha kuliner yang tidak memberikan pilihan rasa bisa membuat pelanggan merasa bosan. Pembeli akan merasa bosan ketika kuliner telur gulung hanya tersedia rasa yang sama setiap saat.

Untuk mengatasi rasa bosan pada pelanggan usaha telur gulung juragan harus menyediakan rasa telur gulung yang bervariasi.

Semakin banyak membuat variasi rasa telur gulung maka akan semakin bagus. Selalu lakukan inovasi baru untuk menciptakan telur gulung dengan rasa baru.

4. Buat slogan yang menarik

Untuk menarik minat pembeli telur gulung juragan bisa memberikan slogan yang bisa menarik minat membeli.

Sebagai contoh “ mendapat bonus satu tusuk telur gulung bagi pembeli yang membaca surat al-fatihah “.

5. Tempat yang bersih dan higienis

Faktor penentu pelanggan jadi membeli telur gulung atau tidak salah satunya adalah kebersihan tempat usaha. Jika tempat usaha telur gulung yang juragan jalankan terlihat kotor tentu pembeli tidak mau membelinya.

Selain memiliki tempat usaha telur gulung yang bersih, juragan juga harus memperhatikan kerapian tempat usaha. Dengan memiliki tempat usaha telur gulung yang bersih dan rapi tentu akan membuat pelanggan suka datang ke tempat usaha telur gulung milik juragan.

6. Jual dengan harta kompetitif

Sesuaikan harga telur gulung sesuai dengan daya beli masyarakat sekitar. Juragan bisa survei terlebih dahulu berapa harga telur gulung yang di jual oleh pedagang lainnya.

Juragan bisa menjual telur gulung dengan harga yang sama dengan pedagang lainnya, bisa menjual dengan harga lebih rendah atau lebih tinggi sedikit.

Ketika juragan menjual telur gulung dengan harga lebih tinggi dari pedagang telur gulung lainnya, supaya tetap laku harus memberikan perbedaan terhadap telur gulung yang juragan jual.

Akan tetapi jika usaha telur gulung milik juragan kualitasnya sama dengan pedagang lain, juragan bisa menjual dengan harga yang sama. Namun juragan bisa memberikan pelayanan yang memuaskan supaya pelanggan merasa nyaman.

Baca Selengkapnya : Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Kecil

Kesimpulan usaha telur gulung

Usaha telur gulung sebenarnya usaha kuliner yang sudah ada sejak dulu, hanya saja sekarang mulai terkenal karena pedagang telur gulung melakukan inovasi.

Bahan utama pembuatan kuliner telur gulung adalah dari telur ayam, yang di proses dengan cara digoreng kemudian di gulung menggunakan tusukan sate.

Saat jaman dulu telur gulung di buat dengan bisa saja, tetapi saat ini kuliner telur gulung di sajikan dengan tampilan yang lebih kekinian dengan adanya tambahan toping aneka rasa.

Itulah ulasan seputar analisa usaha telur gulung. Semoga dengan membaca penjelasan di atas akan membuat juragan lebih semangat lagi dalam menjalankan usaha telur gulung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.