Usaha Bakso Aci Jajanan Rumahan Modal Kecil

Usaha Bakso Aci Jajanan Rumahan Modal Kecil
Usaha Bakso Aci Jajanan Rumahan Modal Kecil

Jualan Baso Aci

Usaha bakso aci jajanan rumahan modal kecil. Usaha bakso aci merupakan bisnis jajanan rumahan modal kecil yang sering di jalankan oleh para pebisnis.

Jajanan bakso aci sekarang menjadi kuliner yang banyak diminati oleh semua kalangan anak muda. Usaha bakso aci bisa dibilang sebagai contoh UMKM yang membutuhkan modal kecil saat di jalankan.

Bagi pecinta kuliner tentunya akan bersemangat untuk menikmati bakso aci. Bakso aci dengan tampilan yang berbeda dan memiliki rasa enak tentu akan menjadi pusat perhatian terutama untuk pecinta kuliner.

Bisnis jajanan rumahan modal kecil salah satunya adalah menjalankan usaha bakso aci. Memang untuk menjalankan usaha bakso aci pertama kali tidak membutuhkan modal besar.

Penjelasan lengkap modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha bakso aci nanti akan usahaukm bahas di bawah. Cara menjadi pengusaha muda sukses tentu tidak sulit jika menjalankan usaha bakso aci dengan cara yang benar.

Usaha Bakso Aci Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

Ide usaha rumahan yang sampai saat ini masih banyak peminatnya adalah usaha bakso aci. Sehingga sekarang mulai banyak pelaku bisnis yang mulai banyak terjun menjalankan usaha bakso aci.

Bagi juragan yang mencari ide usaha rumahan menjalankan usaha bakso aci merupakan solusi terbaik. Dulunya makan bakso aci hanya tersedia di pedagang pinggir jalan, tetapi untuk saat ini usaha bakso aci bayak di temukan di pusat kuliner seperti mall.

Dengan mengembangkan usaha bakso aci menjadi makanan kekinian salah satu kunci sukses menjalankan bisnis kecil bakso aci. Hal itu menandakan jika peluang usaha bakso aci masih sangat menjanjikan.

Makanan yang berbahan dasar tepung aci ini memang memiliki citra rasa khas, sehingga sangat cocok di lidah masyarakat di daerah kita, di tambah dengan kuah panas membuat bakso aci enak untuk di nikmati.

Pada saat cuaca dingin menikmati bakso aci dengan kuah panas dan di tambah rasa pedas membuat suasana menjadi hangat.

Toping Kuliner Bakso Aci Ide Usaha Ukm

Paduan rasa pedas dan gurih yang terdapat pada bakso aci menjadi salah satu faktor kenapa kuliner bakso aci disukai banyak orang.

Sebagian anak muda terutama cewek menyukai paduan rasa antara pedas dan gurih yang terdapat di kuliner bakso aci. Terkadang masih banyak yang meminta tambahan sambal saat membeli bakso aci.

Sensasi pedas yang terdapat pada bakso aci menambah sensasi yang menyegarkan saat di santap dalam kondisi bakso aci masih panas.

Selain memiliki rasa enak ternyata ada tambahan toping yang membuat bakso aci semakin memanjakan lidah yang menyantap nya.

Toping yang di sediakan oleh pedagang bakso aci biasanya memiliki dua jenis yaitu toping bakso aci kering dan toping bakso aci basah.

Toping bakso aci kering yang disediakan oleh pedagang bakso aci meliputi pangsit goreng, cuanki lidah kering dan pilus.

Sedangkan untuk toping bakso aci basah meliputi bakso daging sapi, bakso daging sapi, bakso ikan, siaomay dan tahu goreng isi aci.

Pembeli bisa memilih toping bakso aci sesuai dengan selera Masing-masing yang di rasa paling mereka sukai.

Peluang Usaha Bakso Aci Jajanan Modal Kecil Untung Besar

Peluang usaha bakso aci memang masih cukup menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan besar. Ide jajanan rumahan modal kecil ini peluang untuk sukses masih terbuka lebar jika cara menjalankannya dilakukan dengan serius.

Cara memulai bisnis bakso aci harus mengetahui Proses pembuatan bakso aci yang tergolong masih muda di kerjakan. Selain itu bahan baku pembuatan bakso aci bisa di dapatkan dengan mudah, karena hampir semua toko menjual bahan untuk membuat bakso aci.

Menjalankan usaha bakso aci juragan bisa memulainya dengan sekala usaha rumahan terlebih dahulu. Setelah usaha bakso aci sudah berjalan lancar baru mengembangkan usahanya ke tahap yang lebih besar.

Jika juragan memulai usaha bakso aci di skala rumahan tentu modal usaha juga lebih kecil. Sehingga dengan modal kecil juragan sudah bisa memiliki usaha sendiri untuk menambah penghasilan.

Modal Usaha Bakso Aci Jajanan Rumahan

Hitung rincian modal yang di gunakan untuk membeli kebutuhan usaha bakso aci supaya tidak menjadi penyebab terjadinya kegagalan dalam bisnis.

Estimasi Modal Usaha Bakso Aci yang dibutuhkan

  • Tepung kanji : Rp10.000,00/kg
  • Daging ayam : Rp40.000,00/ekor
  • Tepung terigu : Rp10.000,00/kg
  • Garam : Rp3.000,00/kg
  • Minyak goring : Rp21.000,00/kg
  • Bumbu : Rp4.000,00

Total = Rp90.000,00 x 30 hari = Rp2.700.000,00 per bulan

Modal untuk Peralatan

  • Booth atau etalase untuk jualan : Rp1.500.000,00
  • Peralatan memasak : Rp1.000.000,00
  • Kemasan plastik : Rp11.000,00/ 1 pack berisi 70 lembar x 30 = Rp330.000,00

Total = Rp2.830.000,00

Berarti modal awal yang dibutuhkan untuk produksi selama satu bulan = Rp2.700.000,00 Rp2.830.000,00 = Rp5.530.000,00

Estimasi Pendapatan Usaha Bakso Aci

Bisa diasumsikan per harinya bakso aci yang terjual bisa mencapai 250 butir dengan harga Rp 500.

Maka per harinya = 250 x Rp500,00 = Rp125.000.

Per bulannya = Rp125.000,00 x 30 hari = Rp3.750.000,00 Dengan demikian untuk dapat balik modal hanya membutuhkan waktu 5 bulan berjualan.

Juragan bisa memberikan kemasan yang menarik terhadap produk usaha bakso aci supaya lebih menarik di mata pelanggan. Dengan kemasan bakso aci yang praktis membuat pelanggan mudah untuk membawanya ketika makan bakso aci nging di bawa pulang.

Perhitungan modal di atas bisa berubah sesuai dengan daerah tempat tinggal juragan masing-masing. Ada daerah yang harga peralatan lebih murah sehingga modal usaha bakso aci akan berkurang.

Ada juga daerah yang menjual kebutuhan peralatan usaha bakso aci harganya lebih tinggi membuat modal usaha bakso aci yang di keluarkan akan lebih banyak.

Cara Membuat Bakso Aci Jajanan Rumahan Untuk Dijual

Supaya Usaha bakso aci bisa memiliki penjualan yang maksimal juragan juga harus membuat bakso aci dengan rasa yang enak.

Supaya bisa mendapatkan bakso aci dengan rasa enak juragan harus memiliki resep membuat bakso aci yang mumpuni.

Berikut resep yang bisa usahaukm berikan untuk membantu juragan dalam membuat bakso aci.

Bahan-Bahan Bakso Aci

  • 4 sendok tepung tapioka /kanji
  • 2 sendok scop tepung terigu
  • 4 siung Bawah putih, giling sampe halus
  • 1 Masako sapi
  • Garam
  • Air secukupnya

Bahan Kuah Bakso Aci

  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 buah cabe merah
  • Cabe rawit, sesuai selera (makin pedas makin enak)
  • 1 buah jeruk limau
  • Air
  • Gula
  • Garam

Cara Membuat Bakso Aci

  1. Panaskan air bersih secukupnya, kemudian masukkan garam, penyedap rasa dan bawang putih yang sudah di haluskan.
  2. Siapkan tepung terigu di dalam wadah kemudian masukkan air panas yang tadi sudah di panaskan dengan bumbu.
  3. Kemudian di uleni sampai tercampur rata, hati-hati saat mengaduk karena kondisi masih panas.
  4. Kemudian cetak bulat-bulat menggunakan sendok.
  5. Goreng sebagian bakso aci yang nantinya untuk di masukkan ke dalam kuah bakso.
  6. Sebagian lagi di rebus sampai bakso aci mengambang di permukaan air panas, kemudian angkat.
  7. Giling bumbu kuah, kemudian tumis hingga harum.
  8. Kemudian panaskan air setelah air panas masukkan bumbu yang sudah di tumis.
  9. Masukkan bakso aci yang sudah di rebus ke dalam kuah bakso aci.
  10. Siapkan mangkok, masukkan beberapa bakso aci goreng ke dalam mangkok kemudian siram dengan kuah bakso aci di tambah dengan bakso aci rebus.
  11. Bakso aci siap di hidangkan, selesai.

Itulah penjelasan seputar usaha bakso aci jajanan rumahan modal kecil yang usahaukm ketahui.

Sebenarnya masih banyak ide bisnis jajanan rumahan yang bisa juragan jalankan seperti usaha jualan risoles atau usaha pisang nugget.

Semoga dengan penjelasan seputar peluang usaha bakso aci di atas akan menambah semangat lagi juragan dalam menjalankan bisnisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.